Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami

Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami


Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami | Memperoleh keturunan (anak) dari sebuah ikatan pernikahan merupakan anugerah yang amat sangat membahagiakan. Selain sebagai penyempurna dari sebuah “kerajaan kecil” alias Keluarga, kehadiran anak (keturunan) akan menambah suasana hangat dalam keluarga. Bahkan tak jarang sepasang suami istri merencanakan untuk mempunyai banyak anak agar bisa menciptakan keramaian dan kebahagiaan dalam sebuah keluarga. Tidak hanya itu, bahkan ada peribahasa yang menyebutkan bahwa “Banyak Anak, Banyak Rezeki”.


Namun meski begitu, ketika seorang istri berhasil melahirkan keturunan (anak), banyak pasangan suami-istri yang tidak berani (takut) untuk langsung kembali berencana untuk mempunyai keturunan lagi. Dan biasanya yang menjadi alasannya adalah usia anak yang masih sangat kecil, sehingga banyak pasangan suami-istri yang mengatur kehamilannya agar tidak langsung kembali mempunyai keturunan dari hasil hubungan suami istri yang tentu masih ingin dilakukan. Kehawatiran pasangan suami-istri terhadap anak mereka yang masih kecil, jelas merupakan hal yang benar. Anak yang masih sangat kecil membutuhkan perhatian yang sangat besar dari kedua orang tuanya bahkan hingga mereka melewati fase balita. Dan karena kekhawatiran tersebut, banyak ibu setelah masa nifas langsung menggunakan berbagai metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan.

Biasanya pilihan ibu adalah kontrasepsi suntik, pil KB, implan, atau IUD/AKDR. Walaupun masih menjadi perdebatan tentang pemberiannya, namun pemberian kontrasepsi hormonal, terutama pil KB kombinasi estrogen-progesteron (estrogen paling memiliki pengaruh), dikhawatirkan dapat menekan produksi ASI walaupun tidak mengurangi kualitas ASI itu sendiri, akibatnya ini akan sangat merugikan bagi bayi. Kontrasepsi paling aman untuk ibu menyusui ialah IUD/AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim), karena tidak mengandung hormon yang mampu mempengaruhi produksi ASI ibu. Tapi tahukah anda wahai para ibu, bahwa dalam masa 6 bulan pertama setelah anada melahirkan, anda dapat mencegah kehamilan tanpa menggunakan berbagai kontrasepsi tersebut? Ya, kini telah dikenalkan Metode Amenore Laktasi (MAL), sebuah metode kontrasepsi yang alami, yang bisa mencegah kehamilan tanpa kontrasepsi yang seperti sebelumnya disebutkan. Metode ini telah diteliti dapat menghambat kehamilan hingga 98%. Sebuah hasil yang sangat baik sekali.


Lalu Apa itu Metode Amenore Laktasi (MAL)?


Metode Amenorea Laktasi (MAL) atau Lactational Amenorrhea Method (LAM) adalah suatu metode kontrasepsi sementara yang mengandalkan pemberian ASI (Air Susu Ibu) secara eksklusif, artinya hanya diberikan ASI saja tanpa tambahan makanan dan minuman lainnya. Metode Amenorea Laktasi (MAL) atau Lactational Amenorrhea Method (LAM) dapat dikatakan sebagai metode keluarga berencana alamiah (KBA) atau natural family planning, apabila tidak dikombinasikan dengan metode kontrasepsi lainnya. Ya, metode kontrasepsi alamiah ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu atau para istri pasca melahirkan, yang ingin mencegah atau menunda kehamilan kembali dengan tanpa menggunakan KB hormonal, yakni cukup hanya dengan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama pasca persalinan. Dengan kata lain, ibu hanya memberikan ASI sebagai makanan utama bayi tanpa makanan pendamping lain termasuk air putih. Rangsangan puting susu ibu saat menyusui dapat merangsang otak untuk menghambat proses kesuburan ibu, sehingga kehamilan dapat dicegah.

Namun perlu diperhatikan, bahwa metode ini hanya akan berjalan/berfungsi jika memenuhi syarat atau kriteria MAL berikut ini :


  • Memberikan ASI secara eksklusif sesering mungkin sesuai keinginan bayi (feeding on demand), baik siang maupun malam. Frekuesi pemberian ASI paling sedikit 10-12 kali sehari dalam satu bulan pertama sesudah melahirkan, dan 8-10 kali sehari (termasuk 1 kali pada malam hari) untuk usia bayi di atas satu bulan. Menyusukan bayi sebaiknya tidak melibihi  4 jam antara satu waktu pemberian ke pemberian berikutnya di siang hari, dan pada malam hari waktu pemberian ASI tidak boleh lebih dari 6 jam.
  • Ibu belum mendapat menstruasi. Jika ibu telah menstruasi dalam 6 bulan pertama pasca persalinan, maka sudah pasti metode ini tidak dapat digunakan.
  • Usia bayi kurang dari 6 bulan.

Jika salah satu dari kriteria tersebut di atas tidak dapat dipenuhi, maka penggunaan metode MAL tidak akan berjalan sesuai rencana. Dan ibu dapat berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan lainnya untuk memilih metode kontrasepsi lain yang sesuai dan aman bagi ibu.

Yang Harus Dipertimbangkan pada Penggunaan Metode MAL



  • Mengidap HIV dan AIDS, ibu tetap dapat menyusui namun setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Ibu sedang menggunakan obat-obatan selama menyusui bayinya seperti obat-obatan anti depresan, ergotamin, anti metabolit, siklosporin, kortikosteroid, antibiotik kuinolon, dll.
  • Bayi mengalami sukar bernafas, bayi BBLR (Berat Badan Lahir Rendah) dan prematur, gangguan pencernaan, bayi yang membutuhkan perawatan intensif, bibir sumbing, dll.

Apa Keuntungan Penggunaan Metode MAL?



  • Metode kontrasepsi alamiah, non hormonal. Sehingga ibu terhindar sementara dari berbagai efek samping kontrasepsi hormonal.
  • Laktasi menguntungkan ibu dan bayi. Bagi ibu, langsung menyusui sesaat setelah melahirkan dapat menghentikan perdarahan, selain itu menyusui membuat badan ibu menjadi proporsional kembali, dsb. Bagi bayi, menyusu membuat bayi mendapatkan kekebalan pasif berupa zat imunoglobulin, kandungan DHA membuat pertumbuhan tubuh dan otak jauh lebih baik, bayi mendapatkan gizi yang mumpuni sesuai dengan usianya, dsb. Yang terpenting adalah menimbulkan kedekatan emosional antara ibu dan bayi.
  • Efisiensi biaya dalam hal kontrasepsi dan nutrisi bayi. Keluarga tidak perlu mengeluarkan uang untuk kontrasepsi dan membeli susu formula, sehingga dana tersebut dapat disimpan maupun dialihkan untuk keperluan lainnya.
  • Tidak mengganggu hubungan seksual.

Apa yang Dilakukan Pengguna MAL Setelah Usia Bayi Lebih Dari 6 Bulan?


Pada ibu yang menggunakan Metode MAL, jika usia bayi telah memasuki lebih dari 6 bulan, maka sebaiknya anda segera rencanakan dan konsultasikan kepada dokter mengenai metode kontrasepsi lain sebagai pendamping ibu menyusui untuk mengatur kehamilan. Pasalnya, metode kontrasepsi MAL ini tidak akan berjalan/berfungsi lagi jika usia bayi sudah lebih dari 6 bulan. Sebab, ASI bukan satu-satunya lagi makanan si bayi yang sudah memasuki usia 6 bulan lebih, sehingga efektifitas kontrasepsinya akan berkurang. Dan jangan lupa, pilihlah kontrasepsi yang tepat dan aman bagi ibu menyusui.

Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami | Demikian sekilas mengenai Metode Amenore Laktasi (MAL), diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi setiap keluarga yang baru saja memiliki buah hati mengingat manfaatnya yang sangat besar baik bagi ibu maupun sang bayi. Silahkan konsultasikan kepada dokter maupun tenaga kesehatan terpercaya mengenai informasi lebih mendalam mengenai MAL, demi kesehatan Anda dan buah hati.

Wassalamu’alikum…

Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami

Judul Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami
Deskripsi Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami Metode Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Yang Alami | Memperoleh keturunan (an...
Author
Author Rating
5/ 5 Suara
Share on Google Plus

Faiq Rikza Arrozaq

Tersedia Obat Herbal Alami Ampuh Untuk Mengatasi Berbagai Macam Penyakit Informasi Selengkapnya Silahkan Hubungi Di No Ini 085 793 507 222.
    Blogger Comment

20 komentar:

  1. makasih yahhh gan udah mau bagi ilmunya

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk informasinya salam sukses

    BalasHapus
  3. selamat sore gan thanks untuk informasinya salam sukses

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk informasnya sukses selalu

    BalasHapus
  5. Selamat pagi gan terimakasih untuk informasinya salam sukses

    BalasHapus
  6. sangat bermanfaat..terima kasih infonya

    BalasHapus
  7. Selamat pagi terima kasih untuk infonya gan

    BalasHapus
  8. artikel yang sangat bermanfaat, thanx

    BalasHapus
  9. trimakasih gaesss sangat membantu http://bit.ly/29T59Vu

    BalasHapus
  10. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://http://pkcinema.com | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus
  11. Selamat pagi gan salam sukses untuk di depannya

    BalasHapus
  12. Terimakasih Gan Info yang sangat bermanfaat, kebetulan istri saya juga sedang menyusui.

    BalasHapus
  13. [IMG]http://i.imgur.com/5Hmgwev.gif[/IMG]

    Selamat datang di DangdutQQ Merupakan Penyelenggara Judi Online Terbaik dan Terpercaya
    Kami memberikan kelebihan DangdutQQ dari website poker lain !!
    1. Min Deposit Rp 10.000,-
    2. Min Withdraw Rp 25.000,-
    3. Withdraw tanpa batas di setiap hari
    4. Lebih banyak pilihan game untuk dimainkan, yaitu :
    - Poker
    - Domino Qiu Qiu
    - Sakong
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - BandarQ
    - Adu QQ
    5. Cashback mingguan 0,3% ~ 0,5%
    6. Bonus referral sebesar 20% SEUMUR HIDUP!!!
    7. Customer Service 24 Jam via Live chat, BBM maupun Skype!
    8. Proses Depo & Withdraw yang cepat <3 menit
    9. 100% Player VS Player REAL !!(No Computer BOT)
    10. Transaksi dengan 6 Jenis Bank Komersial, yaitu : BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga & Danamon
    Dilengkapi dengan server kecepatan dan enkripsi tingkat tinggi menjamin keamanan data dari member kami di DangdutQQ
    Untuk pendaftaran bisa melalui link berikut :
    http://dangdutqq.com/Register.aspx?ref=jessica55555
    Untuk informasi lebih lanjut, bisa menghubungi customer kami 24 Jam nonstop :
    - Livechat
    - BBM : D8CAE752
    - Wechat : dangdutqq
    - Line : dangdutqq
    - Whatsapp : +85569967665
    - Instagram : Dangdutratu
    - Twitter : dangdutqq
    - Facebook :@dangdutqq

    BalasHapus

PERINGATAN !!!

1. Berkomentarlah Sesuai Topik Di Atas.
2. Dilarang membuat masalah Atau mengejek Komentator Lain.
3. Dimohon untuk Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan.
4. Dilarang Berkomentar Dengan Link Aktif , SPAM/LIVE LINK
5. Sesama Penjual Obat Tidak Boleh Mengganggu